Imam Al Haramain adalah Abdul Malik bin Abdullah
bin Yusuf bin Muhammad bin Abdullah bin Hayuwiyah Al Juwaini An Naisaburi. Pada
masa hidupnya beliau digelari sebagai Imamul Hanrmain dan Dliyauddin. Digelar Imam al-Haramain, kerana
beliau pernah tinggal di Makkah Al Mukaramah selama empat tahun. Di sana
belajar yang selanjutnya bahkan mengajar dan melakukan munazharah unfuk
pemantapan dan memperkokoh pendiriannya dalam ilmu yang diperolehnya.
Lahir dan Wafatnya.
Beliau lahir di kampung halaman ayahnya, di Juwain
daerah Khurosan termasuk wilayah Naisabur. Yaitu daerah yang terletak di
perbatasan dengan Afghanistan, Balukhistan, Irak dan Kirman. Imam As Subki
mencatat, beliau lahir pada 18 Muharram 419 Hijriyah, bertepatan dengan 22
Februai 1028 M. Beliau hidup mencapai usia 59 tahun.
Silsilah keturunannya, sesungguhnya berasal dari
Arab, yaitu dari suku Thoi, sebuah suku yang cukup masyhur dari qabilah Arab.
Menjelang wafatnya, beliau mengalami sakit kuning
(al yarqoon). tapi sembuh kembali, sehingga dapat melaksanakan tugas
kewajibannya mengajar dan bermunazharah. Tidak lama kemudian beliau mengalarni
ganguan kesehatan, dan melakukan istirahat di Basytinqoon, suatu daerah sejuk
dan berhawa bersih. Namun, akhirnya di kota itulah beliau pulang ke Rahmatullah
yaitu pada 25 Rabiulakhir 478 H. bertepatan dengan 25 Agustus 1085M.
Pendidikannya.
Ayah ibunya sangat memperhatikan sekali, sejak dari
perihal makan minum. Beliau tidak pernah diberi makanan yang syubhat apalagi
yang haram. Setelah ayahnya wafat pada 434 H. beliau tidak putus asa dalam
mengembangkan kemampuannya. Selanjutnya beliau berguru antara
Keadaan masyarakat Islam.
Masa hidup Imam Haramain adalah masa akhir
pemerintahan Khilafah Abbasiyah yang berpusat di Bagdad. Masa ini adalah masa
yang penuh dengan gejolak termasuk gejolak pertentangan pandangan keagamaan
antara kaum Sunni dengan sementara kelompok dari kaum Syi’ah. Situasi inilah
yang mengakibatkan berpindahnya beberapa tokoh ulama Sunni meningalkan kampung
halamannya unfuk mendapatkan perlindungan dan ketenangan. Diantara yang hijrah
ini termasuk Imam Al Qusyairi dan Imam Al Haramain sendiri. Beliau ini hijrah
ke Bahgdad, dan selanjutnya terus ke Mekah Al Mukarramah dan tinggal di sana selama
empat tahun.
Beliau kembali ke Naisabur, tahun 451, setelah
Khurosan diperintah oleh Alba Arselan dengan Perdana Menterinya Nizhomul Muluk.
Beliau kemudian dikenal sebagai pendiri sejumlah Madarasah An Nizhomiyah, yaitu
di Naisabur, Baghdad, Balkhi, Hiroh, Ashbahan Bashrah, Rowa, Amal Thobaristan
dan di Maushul. Di Naisabur dipimpin oleh Imam Haramain, yang selanjutnya di
pimpin oleh Imam Al
Ghazali. Sedangkan Madrasah An Nizhomiyah Baghdad dipimpin oleh Imam Abu Ishaq Asy Syirazi, pengarang Kitab Al Muhadzdzab yang masyhur itu. Kelak Al Muhadzdzab ini disyarah oleh Imam Nawawi (w 676 H) dengan judul al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab.
Ghazali. Sedangkan Madrasah An Nizhomiyah Baghdad dipimpin oleh Imam Abu Ishaq Asy Syirazi, pengarang Kitab Al Muhadzdzab yang masyhur itu. Kelak Al Muhadzdzab ini disyarah oleh Imam Nawawi (w 676 H) dengan judul al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab.
Memang setelah penguasa baru itu naik tahta,
segenap ulama yang hijrah itu diminta untuk segera kembali ke kampung
halamannya. Dan sejumlah madrasah itu didirikan dengan maksud untuk kembali
mengembangkan pemikiran Sunni, yang dalam bidang aqidah mengikuti pandangan Al
Asya’ri.[1]
[1] Sumber: Luma’ul Adillati Fi Qowaa’idi ‘Aqoo’idi
Ahlussunnah Wal Jama’ah, Al Imam Abul Ma’ali Haramain, versi terjemah: Aqidah
Ahlus sunnah Wal Jama’ah oleh Drs. H. Hafizh Utsman, Gandewa Penerbit, Jakarta,
1994. Dipetik dari http://orgawam.wordpress.com /2011/06/14/imam-haramain-419-%E2%80%93-478-h/
0 comments:
Post a Comment